22/10/12

Peluang Figur Muda Sebagai Calon Presiden

Share Setidaknya terdapat 35 tokoh muda yang layak untuk diusung pada Pilpres 2014. Selama ini partai lebih memilih figur yang telah menjadi tokoh senior ketimbang figur muda untuk menjadi calon presiden.

“Partai-partai seharusnya menangkap sinyal publik, tidak boleh memaksakan diri. Kalau terus memaksakan diri maka partai sedang menyiapkan ‘kuburan’ sendiri,” demikian dikatakan pengajar psikologi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk Di Jakarta. Partai jangan lagi terjebak dalam perangkap elektabilitas sehingga menutup ruang bagi munculnya tokoh-tokoh alternatif. tambahnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh sebuah lembaganya di Jakarta, sebetulnya banyak figur muda, baik di partai dan nonpartai, yang memiliki kapasitas dan kepantasan menjadi kandidat dalam Pilpres 2014. Tidak munculnya figur muda akibat ditutupnya saluran regenerasi kepemimpinan di partai oleh para elite senior.

Dari hasil survei tersebut, lima dari 35 tokoh muda partai dan nonpartai meraih penilaian paling tinggi. Ini berdasarkan penilaian 100 responden
dari kalangan akademikus/ pakar, aktivis LSM, tokoh budaya/ masyarakat, profesional, praktisi media, pengamat politik, pemuda/mahasiswa, dan
politikus senior.

Lima tokoh yang tertinggi penilaiannya adalah Joko Widodo (politikus), Anies Baswedan (akademikus), Sri Mulyani Indrawati (birokrat), Pramono Anung Wibowo (politikus), dan Khofifah Indar Parawansa (politikus). Adapun lima figur dengan nilai terendah adalah Patrice Rio Capella (politikus), Chairul Tandjung (pengusaha), Taufik Kurniawan (politikus), Rizal Mallarangeng (pengamat), dan Puan Maharani (politikus).

Kelayakan 35 tokoh ini dinilai dari pelbagai aspek, yaitu integritas, kapabilitas/ intelektualitas, visi, kemampuan memimpin, pengalaman, keberanian dalam mengambil keputusan, komunikasi publik, komunikasi elite, empati/ aspiratif, kematangan emosi, penampilan, serta penerimaan publik dan partai.

Sejauh ini, figur yang dimunculkan oleh partai-partai dalam Pilpres 2014 masih didominasi  tokoh senior. Pada Pemilukada DKI merupakan bukti bahwa publik sekarang ini lebih dewasa, kritis, dan jeli dalam memilih seorang pemimpin.

::Description: Peluang Figur Muda Sebagai Calon Presiden, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Peluang Figur Muda Sebagai Calon Presiden

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 03.27 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Label